Minggu, 06 November 2011

KELEMBABABAN


Hubungan antara kelembaban dan
Sifat mekanis pelapisan gipsum–Riset Tahap 2
Suatu ketiadaan informasi mengenai tingkat kelembaban yang bisa diterima oleh gypsum yang dilapisi dan mengenai konsekuensi tempat yang terlindungi oleh kelembaban dalam kaitannya dengan kekayaan mekanik dan integritas dari  pemasangan dinding. Suatu kebutuhan komplementer menjadi penilaian dari sebuah metoda untuk mengukur kelembaban produk ini yang menggunakan hand-held hambat elektrik meter.
Percobaan sebelumnya menguji hubungan antara sifat mekanis dan kelembaban gips yang dilapisi ( yaitu., papan dinding gips yang akan digunakan  sebagai bagian luar yang melapisi atas bangunan).  Gips Papan dinding secara khas ditetapkan untuk dicocokkan dengan ASTM C1177 atau C1396 yang merupakan capaian ukuran-ukuran, dan menjadi  minat yang tertentu  studi ini untuk menentukan apakah kelembaban mempengaruhi capaian ini. Kekayaan spesifik yang diuji adalah :
  1. adhesi atau delamination facer material ( seperti juga glass-fibre, treated paper or untreated paper.
  2. kemampuan melapisi
  3. kekuatan membengkok yang menyangkut pelapisan
  4. kemampuan menyerap air
percobaan juga menentukan apakah hand-held hambat elektrik meter akurat untuk mengukur kelembaban, atau apakah diperlukan beberapa protokol atau piranti baru.
Sasaran dari percobaan ini akan menilai sifat mekanis berbagai gypsum pada bermacam-macam tingkat kelembaban. Ada beberapa pertimbangan pentingnya memahami sifat mekanis pelapisan gips dan bagaimana kekayaan ini berbeda menurut tingkat kelembaban yaitu :
  1. walaupun gips melapisi bangunan tetapi tidak menjadi penghambat struktur bangunan tersebut.
  2. Banyak desain yang bersandar pada pelapisan yang mendukung air-barrier, maka diharapkan gips mampu mendukung hal tersebut sehingga tidak terjadi kerusakan yang mengakibatkan pembusukan struktur bangunan.
  3. Gips dapat menjaga substansi kelembaban sehingga tidak merusak water-sensitive.
Dari percobaan ini di dapat bahwa hand-held meter akurat mengukur kelembaban pelapisan hingga menunjukan kira-kira 6 %. Hasil juga menunjukkan jika hand-held membaca kira-kira 3-3.4% lebih tinggi dibanding gravimetric. Percobaan ini juga megkonfirmasikan korelasi yang kuat antara kelembaban dan sifat mekanis tentang berbagai jenis pelapisan gips. Maka hand-held meter sesuai untuk mengukur kelembaban gips karena mempunyai skala terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya