Sabtu, 20 Maret 2010

FISIKA BANGUNAN


KELEMBABAN PADA BANGUNAN
Pendahuluan
Bangunan merupakan hal yang penting untuk menopang atau menampung segala aktivitas manusia sehari-hari. Bangunan juga berfungsi sebagai tempat perlindungan dari pengaruh-pengaruh luar. Dengan adanya bangunan, penghuni akan merasa aman untuk beraktivitas tanpa adanya gangguan maupun hambatan. Bangunan terus berkembang dengan adanya perubahan zaman dan perubahan iklim yang belakangan ini terjadi di bumi ini. Perkembangan ini bertujuan agar bangunan tersebut dapat menjadi tempat perlindungan bagi para manusia dalam beraktivitas sehari-hari.
Lingkungan juga memegang pengaruh besar terhadap daya tahan atau kekuatan dari bangunan tersebut maupun juga terhadap penghuninya. Pengaruh-pengaruh lingkungan ini memiliki dampak-dampak baik dampak positif maupun damapak negatif bagi penghuni itu sendiri atau terhadap bangunan itu sendiri. Pengaruh-pengaruh lingkungan tersebut, antara lain adalah kelembaban.
Kelembaban sangat berpengaruh terhadap bangunan maupun penghuninya. Pada bangunan kelembababan bisa merusak bahan bangunan, misal : pembusukan dan kotoran Apabila kelembaban tinggi, maka akan memudahkan bibit- bibit penyakit untuk tumbuh dan berkembang biak. Hal ini akan merugikan bagi penghuni bangunan. Maka dari itu ventilasi merupakan cara yang ampuh untuk mengontrol kelembaban dalam bangunan. Pengontrolan kelembaban ini juga dipengaruhi oleh angin. Karena angin dapat membawa hawa panas atau kelembaban yang tinggi pada sebuah ruangan untuk menyesuaikan dengan keadaan di luar ruangan.

KELEMBABAN
Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut, kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. Alat untuk mengukur kelembapan disebut higrometer. Sebuah humidistat digunakan untuk mengatur tingkat kelembapan udara dalam sebuah bangunan dengan sebuah pengawalembap (dehumidifier). Dapat dianalogikan dengan sebuah termometer dan termostat untuk suhu udara. Perubahan tekanan sebagian uap air di udara berhubungan dengan perubahan suhu. Konsentrasi air di udara pada tingkat permukaan laut dapat mencapai 3% pada 30 °C (86 °F).
Kelembapan absolut mendefinisikan massa dari uap air pada volume tertentu campuran udara atau gas, dan umumnya dilaporkan dalam gram per meter kubik (g/m3).
Kelembapan spesifik adalah metode untuk mengukur jumlah uap air di udara dengan rasio terhadap uap air di udara kering. Kelembapan spesifik diekspresikan dalam rasio kilogram uap air, mw, per kilogram udara, ma
Kelembaban relatif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah uap air yang terkandung di dalam campuran air-udara dalam fasa gas.

Ciri-Ciri Arsitektur Tropis Lembab

DR. Ir. RM. Sugiyanto, mengatakan bahwa ciri-ciri dari iklim tropis lembab sebagaimana yang ada di Indonesia adalah “kelembaban udara yang tinggi dan temperatur udara yang relatif panas sepanjang tahun”. Kelembaban udara rata-rata adalah sekitar 80% akan mencapai maksimum sekitar pukul 06.00 dengan minimum sekitar pukul 14.00. Kelembaban ini hampir sama untuk dataran rendah maupun dataran tinggi.

Daerah pantai dan dataran rendah temperatur maksimum rata-rata 320C. makin tinggi letak suatu tempat dari muka laut, maka semakin berkurang temperatur udaranya. Yaitu berkurang rata-rata 0,60C untuk setiap kenaikan 100 m. ciri lainnya adalah curah hujan yang tinggi dengan rata-rata sekitar 1500-2500 mm setahun. Radiasi matahari global horisontak rata-rata harian adalah sekitar 400 watt/m2 dan tidak banyak berbeda sepanjang tahun, keadaan langit pada umumnya selalu berawan. Pada keadaan awan tipis menutupi langit,luminasi langit dapat mencapai 15.00 kandela/m2.

Tinggi penerangan rata-rata yang dihasilkan menurut pengukuran yang pernah dilakukan di Bandung untuk tingkat penerangan global horizontal dapat mencapai 60.000 lux. Sedangkan tingkat penerangan dari cahaya langit saja, tanpa cahaya matahari langsung dapat mencapai 20.000 lux dan tingkat penerangan minimum antara 08.00 – 16.00 adalah 10.000 lux.Iklim tropis lembab dilandasi dengan perbedaan suhu udara yang kecil antara siang hari dan malam hari, kelembaban udara yang tinggi pada waktu tengah malam serta cukup rendah pada waktu tengah hari. Kecepatan angin ratarata pada waktu siang hari dapat digambarkan sebagai memadai untuk kenyamanan, yaitu sekitar 1.0 m/det. Pada waktu musim hujan yaitu sekitar 2.0 m/det. Pada waktu musim panas akan memberikan gambaran tersendiri mengenai upaya pencapaian pendinginan pasif bangunan.

Sekalipun terdapat kondisi yang luar batas kenyamanan thermal manusia, sebenarnya terdapat potensi iklim natural yang dapat mewujudkan terciptanya kenyamanan dengan strategi lain. Kenyamanan tersebut tercapai dengan interaksi antar fungsi iklim dengan lingkungan maupun dengan pemanfaatan teknologi.
Menurut DR. Ir. RM. Sugiyatmo, kondisi yang berpengaruh dalam
Perancangan Bangunan Pada Iklim Tropis Lembab adalah, yaitu :

a.   Kenyamanan Thermal
Usaha untuk mendapatkan kenyamana thermal terutama adalah mengurangi perolehan panas, memberikan aliran udara yang cukup dan membawa panas keluar bangunan serta mencegah radiasi panas, baik radiasilangsung matahari maupun dari permukaan dalam yang panas.Perolehan panas dapat dikurangi dengan menggunakan bahan ataumaterial yang mempunyai tahan panas yang besar, sehingga laju aliran panasyang menembus bahan tersebut akan terhambat.Permukaan yang paling besar menerima panas adalah atap. Sedangkan bahan atap umumnya mempunyai tahanan panas dan kapasitas panas yang lebihkecil dari dinding. Untuk mempercepat kapasitas panas dari bagian atas agaksulit karena akan memperberat atap. Tahan panas dari bagian atas bangunan dapat diperbesar dengan beberapa cara, misalnya rongga langit-langit,penggunaan pemantul panas reflektif juga akan memperbesar tahan panas.Cara lain untuk memperkecil panas yang masuk antara lain yaitu :
1. Memperkecil luas permukaan yang menghadap ke timur dan barat.
2. Melindungi dinding dengan alat peneduh.


b.   Aliran Udara Melalui Bangunan
Kegunaan dari aliran udara atau ventilasi adalah :
1.      Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yaitu penyediaan oksigen untuk pernafasan, membawa asap dan uap air keluar ruangan, mengurangikonsentrasi gas-gas dan bakteri serta menghilangkan bau.
2.      Untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan thermal, mengeluarkan panas,membantu mendinginkan bagian dalam bangunan.

c.     Radiasi Panas
Radiasi panas dapat terjadi oleh sinar matahari yang langsung masuk kedalam bangunan dan dari permukaan yang lebih panas dari sekitarnya, untukmencegah hal itu dapat digunakan alat-alat peneduh (Sun Shading Device).Pancaran panas dari suatu permukaan akan memberikanketidaknyamanan thermal bagi penghuni, jika beda temperatur udara melebihi 40C. hal ini sering kali terjadi pada permukaan bawah dari langit-langit atau permukaan bawah dari atap.

d.  Penerangan Alami pada Siang Hari
Cahaya alam siang hari yang terdiri dari :
1.      Cahaya matahari langsung.
2.      Cahaya matahari difus

Aliran Udara di Dalam Bangunan
Sumber : “Bangunan Tropis” George Lippsmeire 1994.





PENUTUP

Kesimpulan :


1.      Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut, kelembapan spesifik atau kelembapan relatif.

2.       Bangunan merupakan hal yang penting untuk menopang atau menampung segala aktivitas manusia sehari-hari. Bangunan juga berfungsi sebagai tempat perlindungan dari pengaruh-pengaruh luar. Dengan adanya bangunan, penghuni akan merasa aman untuk beraktivitas tanpa adanya gangguan maupun hambatan.

3.       Kelembaban sangat berpengaruh terhadap bangunan maupun penghuninya. Pada bangunan kelembababan bisa merusak bahan bangunan, misal : pembusukan dan kotoran Apabila kelembaban tinggi, maka akan memudahkan bibit- bibit penyakit untuk tumbuh dan berkembang biak. Hal ini akan merugikan bagi penghuni bangunan



Sumber  :


-          DR. Ir. RM. Sugiyatmo

-          Bangunan Tropis” George Lippsmeire 1994

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya